ThreeBoys's Weblog

Keluarga Tanjung Barat (cepe's gank) weblog

Sumpah Pemuda

Hari ini Farhan ada ulangan, katanya siy, PKN, Pendidikan Kewarganegaraan kalo ga salah kepanjangannya .. duh, mata pelajaran skrg dah beda banget ama jaman kita2 dulu yah .. ribet nama2nya .. makanya, smalem gw ngajarin PKN nya deh .. Farhan padahal udah dlm kondisi ngantuk & cape berat kliatannya, gmn ga cape, Selasa, latihan Futsal, Rabu, Basket, hari ini Futsal lagi, kalo cape pasti deh, suaranya serak .. duh ‘de .. jgn sakit ya ‘de .. balik lagi ke PKN nya, tema pelajarannya pas gw liat2 di bukunya yaitu Sumpah Pemuda, waduuhh .. udah lama bener engga denger itu kata2 ‘Sumpah Pemuda’ .. mudah2an jgn sampe kita lupa dengan ‘Sumpah Pemuda’ itu, keadaan sekarang emang udah jauh beda, ga smua anak sekolah skrg yg hafal diluar kepala itu namanya ‘Sumpah Pemuda’ .. Pancasila juga kayanya,  sekolah2 skrg aja, kayanya ama yg namanya Upacara, terkadang malah, pas 17 an engga upacara, waddoowww .. udah ilang banget yah ‘rasa kebangsaan’ di negeri ini .. ciieehh .. berat yah .. tapi emang bener, itu gw denger dari temen gw, yg anaknya sklh di sklh tsb .. udah ah panjang banget bahasnya soal ‘kenegaraan’, disini gw mo crita hasil blajar gw ama Farhan, sbb,

M : ‘de, jadi Sumpah Pemuda itu, janji semua pemuda2 di Indonesia jaman dulu, supaya bersatu, pemuda dari semua pulau di negara kita ini, ada dari jawa, dari sumatera, dari kalimantan, dari sumatera, pokonya dari semua pulau, mereka smua berkumpul di jakarta buat bikin yg namanya Sumpah Pemuda

F : semuanya pemuda mah ? ga ada kakek2nya ? siapa yg ngasih tau mreka kalo kumpul di jakarta mah ?

hoahahahahahaha .. mau ketawa tapi gw tahan, sambil nyari jawaban yg kira2 menurut gw pas ..  gini nih jawabannya

M : hampir smua pemuda ‘de, mungkin ada kakek2nya 1 atau 2 orang, tapi hampir smua pemuda. Trus mereka sebelumnya udah janjian buat dateng ke jakarta sini

F : kenapa siy mah musti ada sumpah pemuda ?

M : supaya, kita bersatu ‘de, jaman itu kan kita lagi dijajah sama belanda & jepang, kalo kita engga bersatu, engga kompak, negara indonesia ini ntar diambil sama mereka

F : ooooo gitu

M : ya udah, skrg adek hafalin niy janji Sumpah Pemuda sama nama2 pemuda atau ketuanya pemuda2 dari smua pulau itu

F : ya deh .. loh mah kok dari Sumatera ini (Farhan sambil baca buku PKNnya) namanya kok Mohamad Yamin, Mohamad Yamin itu kan temennya papah mah (sambil serius tuh mukanya Farhan) .. kok dari Sumatera mah ? bukannya dari Indosat ?

hoahahahahahahahahaha .. sakiittttttttt peruuutt gw ktawa ..

M : ‘de, yang namanya Mohamad Yamin kan bukan temennya papah aja, yang laen juga ada yg namanya Mohamad Yamin

F : oooo .. ya deh mah, aku hafalin dulu

O iya, Farhan ini baru kelas 3 SD, kalo ada pelajaran yg crita2 kaya begini, mesti gw baca dulu trus gw ajarin ke Farhan pake versi gw, alias versi crita, pake bahasanya anak2, baru deh ngerti, kalo engga, waddooowww .. dia bisa ampe ngantuk2 tapi ga hafal2 juga .. hehehehehehe .. bgitulah skilas crita Farhan belajar .. insya allah, bsk ada crita laen lagi buat gw share ke temen2 yaaaa …

23 Oktober 2008 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar